Mudik Gratis Di Pelabuhan Lembar Diserbu Masyarakat

Ratusan pemudik berbondong-bondong memasuki kapal
Lombok Barat, NTB (Berita Bumigora)- Ratusan masyarakat berbondong-bondong memasuki kapal kirana 7 yang akan membawa mereka mudik gratis ke Surabaya.

Mudik gratis ini merupakan program Direktorat Lalu Lintas Angkatan Laut. Yang terlaksana berkat kolaborasi dari PT Pelindo Lembar, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), dan PT DLU.

Para penumpang kapal disiapkan tiket gratis sebanyak 290 untuk periode pertama mudik lembaran tahun ini.

Program ini merupakan pertama kali digelar di Pelabuhan Lembar pada musim mudik tahun ini dan merupakan kesempatan semua masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik secara gratis menggunakan kapal laut.

"Total 493 yang mendapatkan tiket gratis," kata Kepala KSOP Kelas III Lembar, Capten Purgana, saat ditemui usai pelepasan para pemudik di Terminal Kedaro, Pelabuhan Pelindo Lembar, (03/04/2024).

Penumpang yang mengikuti program harus melakukan pendaftaran terlebih dulu di kantor KSOP kelas III Lembar dan dipastikan warga yang kurang mampu dan dokumen yang dimiliki harus sesuai karena banyak tiket tersebut diperjual belikan oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Nanti kita koordinasikan dengan pusat, agar menjadi atensi bahwa NTB juga masih memerlukan banyak kuota (mudik gratis) untuk hari raya lebaran," bebernya.

Penumpang kapal laut ini merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Perhubungan dengan PT.Pelni serta tiga operator  kapal swasta.

Program ini mencakup 47 ruas perjalanan dengan total 91 keberangkatan untuk arus mudik dan balik.

Tujuan dari program ini adalah memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat yang berencana melakukan perjalanan mudik saat libur lebaran tahun 2024 atau (1445 Hijriyah).