KPU Lobar Temukan Ratusan Surat Suara Rusak

KPU Lobar Temukan Ratusan Surat Suara Rusak
Lombok Barat, NTB (Berita Bumigora) - KPU Kabupaten Lombok Barat tengah melakukan proses penyortiran dan pelipatan surat suara pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

Sampai saat ini ditemukan ratusan lemabar surat suara untuk pemilihan Calon Legislatif, Presiden dan DPR RI ditemukan dalam keadaan rusak pada saat penyortiran.

Kepala Sub Bagian Keuangan Umum dan Logistik KPU setempat menjelaskan, ratusan surat suara yang ditemukan rusak tersebut anatara lain karena terkena tinta, sobek dan kelebihan ukuran.

Namun demikian KPU belum memastikan bahwa surat suara itu sah atau layak digunakan. KPU akan meminta pergantian surat suara rusak ke KPU pusat.

“Karakteristik surat suara yang rusak itu ada noda dan sobek, untuk DPD ada 121 surat suara yang rusak dari total 529. 225 lembar surat suara. Setelah hasil sortir ini yang kami terima yang rusak itu akan kami laporkan dan diproses untuk pergantianya”, kata Yessy Iriene Kepala Sub Bagian Keuangan Umum Dan Logistik KPU Lobar.

Penyortiran semua suarat suara ditargetkan tuntas bulan jnuari 2024 ini. Kemudian untuk pendistribusian surat suara ditargetkan tuntas satu hari sebelum pencoblosan.