Profil Singkat Drs. H. Muhammad Jamhur M.Pd (Sekretaris DPD PKB NTB & Anggota DPRD Prov. NTB)

Profil Singkat Drs. H. Muhammad Jamhur M.Pd

M. Jamhur

Drs. H. Muhammad Jamhur M.Pd (kelahiran Langko, Lombok Barat tahun 1966) adalah seorang politikus Indonesia yang berasal dari Lombok Barat, tepatnya di Desa Langko, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat – NTB. Kini menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi NTB sekaligus Sekretaris DPD PKB Provinsi NTB.

Kehidupan Awal

M. Jamhur merupakan orang asli Langko, Lombok Barat. Ia tercatat pernah menempuh pendidikan dasar di Madrasah Ibtidaiyah Assullamy Langko, lulus tahun 1981. Selanjutnya M. Jamhur melanjutkan pendidikan tingkat menengah pertama di MTs Negeri 1 Mataram hingga tahun 1983 dan tahun 1986 lulus di PGAI (sekarang menjadi MAN 1 Mataram).

Selepas dari PGAI, M. Jamhur terus menempuh pendidikan yang berbasis agama dan memilih kuliah di IAIN Mataram (sekarang menjadi UIN Mataram) dengan mengabil jurusan Tarbiah. Hingga akhirnya ia lulus dan mendapatkan gelar sarjana pada tahun 1991.

Pekerjaan

Sambil kuliah, M. Jamhur menjadi guru honorer dan mengajar di Ponpes Assulamy Langko, tempatnya menimba ilmu dulu. Selain mengajar, M. Jamhur juga tidak malu untuk menjadi tukang ojek dan fotografer keliling untuk mencari tambahan biaya kuliah.

Lulus kuliah, M. Jamhur masih melanjutkan profesinya menjadi guru honorer di Ponpes Assulamy Langko.

Politik

Selama bertahun-tahun menjadi guru, ia memutuskan untuk masuk ke dunia politik pada tahun 1998 dengan memilih Partai Syarikat Islam Indonesia sebagai kendraan politiknya.

Atas dedikasinya di dunia pendidikan dan juga sering terlibat kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat, M. Jamhur tidak begitu sulit untuk meraih dukungan terutama dukungan masyarakat Desa Langko tempatnya berasal.

M. Jamhur terpilih menjadi Anggota DPRD Kabupaten Lombok Barat pada tahun 1999 dan mengukir sejarah, menjadi orang pertama sebagai anggota dewan di Desa Langko.

Sejak duduk menjadi anggota DPRD, ia terus mengabdi kepada masyarakat dengan menyerap aspirasi  dan berusaha memenuhi keinginan masyarakat. Bantuan modal untuk UKM, insfrasturktur dan tentunya bidang pendidikan menjadi fokusnya.

Pada tahun 2004 M. Jamhur kembali terpilih menjadi Anggota DPRD Kabupaten Lombok Barat dari Partai Sarikat Indonesia (PSI). Ia bergabung dengan PSI karena partai sebelumnya tidak lolos Electoral threshold.

Dua periode menjadi Anggota DPRD, M. Jamhur mencalonkan diri menjadi Calon Wakil Bupati Kabupaten Lombok Barat berpasangan dengan Lalu Kusnandar Anggrat pada tahun 2009. Namun ia gagal menjadi Wakil Bupati karena meraih suara hanya 28.166 suara (7,78% pemilih).

Gagal menjadi Wakil Bupati, M. Jamhur kembali menjadi guru dan mengajar di Ponpes Assulamy Langko hingga akhir 2013. Ia kemudian bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk kembali maju mencalonkan dirinya menjadi Calon Legislatif atas dorongan masyrakat. Masyarakat Langko yang menjadi basis suara M. Jamhur, menginginkannya kembali duduk di bangku dewan untuk kembali memajukan desanya. Setelah ia tak menjadi dewan, masyarakat Desa Langko beranggapan desanya seperti tertidur tidak mengalami kemajuan.

Akhirnya tahun 2014 M. Jamhur kembali terpilih, menandakan tiga periodenya menjadi Anggota DPRD Kabupaten Lombok Barat.

M. Jamhur dikenal selalu merawat konstituennya dan aspirasi masyarakat berusaha ia penuhi terutama dalam bidang pendidikan, umkm dan insfrastruktur. Karena baginya, dirinya adalah penyambung lidah masyarakat.

Kinerja M. Jamhur yang luar biasa dan dedikasinya yang tak kenal lelah dalam memperjuangkan isu-isu pendidikan membuatnya semakin populer di masyarakat. Pada pemilihan berikutnya, M. Jamhur memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Provinsi dan berhasil memperoleh dukungan yang besar dari warga setempat. Dia terpilih menjadi Anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tahun 2019.

Hingga saat ini, M. Jamhur masih aktif sebagai anggota DPRD Provinsi NTB dan dipercaya oleh partainya menjadi Sekretaris DPD PKB Provinsi NTB. Ia terus berjuang untuk mewujudkan pendidikan yang lebih baik dan terus mengabdi kepada masyarakat.

Organisasi

M. Jamhur tercatat pernah menjadi Ketua Perlindungan Anak Kabupaten Lombok Barat dan Ketua Institut Karate-Do Indonesia (INKAI) Kabupaten Lombok Barat.

________________________________________________

Nama : Drs. H. Muhammad Jamhur, M.Pd  

Lahir : Langko, 1966

Tempat Tinggal : Desa Langko, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat – NTB.

Pekerjaan & Jabatan :

  • Guru Honorer di Ponpes Assulamy Langko (1987 – 2000) & (2004 – 2013)
  • Pimpinan Ponpes Ponpes Assulamy Langko (hingga sekarang)
  • Ketua Partai Syarikat Islam Indonesia (1999 – 2004)
  • Sekretaris Partai Syarikat Indonesia (2004 – 2009)
  • Anggota DPRD Kabupaten Lombok Barat (1999 – 2009) & (2014 – 2019)
  • Anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat (2019 – Sekarang)
  • Sekretaris DPD PKB Provinsi Nusa Tenggara Barat (2022 – sekarang)

Partai Politik : 

  • Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII) : 1988 - 2004
  • Partai Syarikat Indonesia (PSI) : 2004 - 2009
  • Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) : 2014 - Sekarang

Alma mater :

  • IAIN Mataram (UIN Mataram)
  • Universitas Qomaruddin Gresik

________________________________________________