Harapan PSSI, FIFA Terapkan VAR di Piala Dunia U-17

Harapan PSSI, FIFA Terapkan VAR di Piala Dunia U-17
BERITA BUMIGORA - Saat ini belum diketahui apakah teknologi video assistant referee (VAR) bakal hadir di Piala Dunia U-17 2023. Namun PSSI berharap FIFA menerapkan VAR pada ajang ini.

Di sisi lain PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) sedang bersiap untuk menghadirkan VAR ke Liga 1 2023/2024. Saat ini sepakbola Indonesia belum berpengalaman dengan VAR.

Harapan PSSI, FIFA membawa sendiri peralatan VAR untuk digunakan di Piala Dunia U-17 2023.

"Yang saya tahu di Piala U-20 itu ada VAR. Dan FIFA membawa sistem itu di Piala Dunia U-20. Untuk U-17, saya belum dapat kabar. Kalau ternyata dia (FIFA) bawa VAR juga ya alhamdulillah," kata Erick Thohir dalam keterangannya, Sabtu (25/6/2023).

"Tetapi seusai dengan planning yang dilakukan liga, karena persiapan VAR ini bukan hanya menempelkan alat. Tapi harus men-training daripada komponen SDM yang bisa melakukan VAR ini," sambungya menambahkan.

Liga 1 akan rencananya akan menerapkan VAR pada Februari 2024. Persiapan dengan menggelar pelatihan-pelatihan terkait VAR terus dilakukan oleh PSSI dan PT LIB.

Tak hanya pelatihan, baru-baru ini PSSI juga menggelar seleksi wasit yang bekerja sama dengan Federasi Sepakbola Jepang (JFA). Sumber Daya Manusia (SDM) yang sesuai dengan standarisasi FIFA memang dibutuhkan dalam penerapan teknologi VAR.

"Karena itu kemarin salah satu yang disampaikan pada saat rapat renovasi 22 stadion, saya mengusulkan kepada pemerintah, Pak Presiden (Joko Widodo) mengamini kalau bisa memang dari total mungkin 15-16 stadion yang akan dipakai Liga 1 ini bisa juga menjadi prioritas untuk direnovasi karena pengadaan daripada VAR itu kan sepertinya tidak berat," ucap Erick Thohir.

"Jadi ada ruang VAR, kelistrikan, instalasi fiber optic dan tentu internet dengan minimum tertentu supaya VAR ini bisa berjalan," ujarnya.