Sevilla Juara Liga Europa, Ada 5 Wakil Spanyol di Liga Champions Musim Depan

Sevilla Juara Liga Europa, Ada 5 Wakil Spanyol di Liga Champions Musim Depan

BERITA BUMIGORA - Keberhasilan Sevilla mengalahkan AS Roma di final Liga Europa makin mengkokoh posisinya menjadi peraih gelar terbanyak Liga Europa. Tujuh gelar juara yang sudah direngkuhnya adalah yang terbanyak sepanjang sejarah. Enam gelar sebelumnya diraih pada tahun 2006, 2007, 2014, 2015, 2016, dan terakhir juara 2020.

Selain itu keberhasilan Sevila meraih juara Liga Europa membuat Spanyol mendapatkan satu tambahan jatah tiket Liga Champions musim depan. Kemenangan Sevilla pada partai final kontra AS Roma itu membuat mereka mendapatkan jatah tiket bermain di Liga Champions sebagai juara Liga Europa. 

Musim ini, Sevilla hanya menempati posisi kesebelas klasemen yang artinya mereka sebenarnya tidak lolos ke kompetisi eropa baik Liga Conference, Liga Europa ataupun Liga Champions.

Dimana sebelumnya Liga Conference dari tim Spanyol diwakili oleh Osasuna, Liga Europa diwakili Real Betis dan Villarreal sedangkan Liga Champions diwakili Real Sociedad, Atletico Madrid, Real Madrid dan Juara Liga Spanyol Barcelona.

Dengan Sevilla merengkuh juara Liga Europa Spanyol dipastikan mengirim lima wakil untuk Liga Champions dan tak ada perubahan untuk kompetisi Eropa lainnya. Total Spanyol mengirim delapan wakil untuk kompetisi Eropa.

Tak hanya mendapatkan tiket Liga Champions, sukses Sevilla merebut gelar juara Liga Europa juga menyelamatkan muka Spanyol. Mereka adalah satu-satunya wakil Spanyol di final kompetisi eropa setelah Real Madrid kandas pada partai semifinal kontra Manchester City di Liga Champions.

Trofi Liga Champions musim ini diperebutkan oleh tim asal Italia Inter Milan dan tim asal Inggris Manchester City begitu juga dengan dengan Liga Conference mempertemukan wakil dari Italia dan Inggris yaitu Fiorentina kontra West Ham.

Sevilla sendiri merengkuh trofi Liga Europa setelah menundukkan AS Roma dalam drama adu penalti. Kedua tim bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Skuad asuhan José Luis Mendilibar sempat tertinggal lewat gol Paulo Dybala pada menit ke-34 dan berhasil menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Gianluca Mancini pada menit ke-55.

Penendang pertama kedua tim berhasil melaksanakan tugasnya dengan sempurna. Namun petaka bagi AS Roma ketiga penendang setelahnya gagal mengeksekusi penalti sedangkan Sevilla sukses menjaringkan gol kegawang Rui Patrício.