Mengunjungi Masjid Unik di Dusun Kerangkeng, Arsitekturnya Mirip Dengan Masjid di Madinah

Mengunjungi Masjid Unik di Dusun Kerangkeng, Arsitekturnya Mirip Dengan Masjid di Madinah
BERITA BUMIGORA - Masjid megah nan indah berdiri di Dusun Kerangkeng, Desa Banyumulek, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, tepatnya dikawasan Pondok Pesantren Tahfizul Qur'an Annur Abhari.

Bangunan Masjid di atas lahan seluas kurang lebih 11 are yang mulai dibangun sejak tahun 2020 lalu sudah menjadi aikon baru di Desa setempat, termasuk dilingkungan Pondok Pesantren.

Dibangun dengan memadukan elemen-elemen arsitektur khas Arab dan seni Islam yang kaya. Dinding dan kubah masjid dihiasi dengan ornamen-ornamen indah, ukiran geometris yang rumit, dan kaligrafi Arab yang menggambarkan ayat-ayat suci Al-Quran.

Masjid Nurul Qur'an dirancang dengan desain yang mengikuti keindahan Masjid di Madinah

Masjid Nurul Qur'an itu merupakan masjid baru yang dirancang dengan desain yang mengikuti keindahan Masjid di Madinah, Arab Saudi.

"Jadi kami bangun tampak luar seperti Masjid yang ada di Madinah," ucap Pimpinan Pondok Pesantren Tahfizul Qur'an Annur Abhari TGH. Mahsun Al-hikam, pada Minggu (28/05/2023).

Terdapat sejarah panjang dan berarti dibalik terbangunnya masjid itu. Kendati progres pembangunanya baru 90 persen namun terbangunnya masjid yang unik ini mempunyai historis mendalam.

"banyak masyarakat kami yang bernostalgia di Masjid Nurul Quran ini, mereka seakan teringet dengan suasana di Madinah ketika hendak berkunjung dan sholat disini," bebernya.

Selain itu, dengan adanya Masjid itu tentunya akan manjadi sentral pembelajaran sekaligus semangat baru dalam mendidik para santri untuk melahirkan para penghapal Al-Qur'an.