Masjid Ala Madinah Sebagai Landmark Baru di Desa Banyumulek

Masjid Ala Madinah Sebagai Landmark Baru di Desa Banyumulek
BERITA BUMIGORA - Pada tanggal 28 Mei 2023, sebuah peresmian yang sangat bersejarah terjadi di Dusun Kerangkeng, Desa Banyumulek, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, NTB. Masjid Nurul Qur'an merupakan masjid baru yang dirancang dengan desain yang mengikuti keindahan Masjid di Madinah, Arab Saudi, diresmikan oleh Gubernur NTB yang disaksikan para pemimpin agama dan tokoh masyarakat setempat.

Masjid dengan luas banguan sekirar 7 are ini dibangun dengan memadukan elemen-elemen arsitektur khas Arab dan seni Islam yang kaya. Dinding dan kubah masjid dihiasi dengan ornamen-ornamen indah, ukiran geometris yang rumit, dan kaligrafi Arab yang menggambarkan ayat-ayat suci Al-Quran. 

Peresmian masjid ini dihadiri oleh banyak tamu, termasuk ulama, cendekiawan, dan tokoh masyarakat serta orang nomor satu di NTB yaitu Gubernur NTB Zulkieflimansyah. Acara peresmian dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, dilanjutkan dengan pidato dari pemimpin agama setempat yang menekankan pentingnya masjid sebagai pusat kegiatan ibadah dan tempat berkumpul umat Muslim.

Peresmian masjid desain Madinah ini menjadi momen penting dalam sejarah keagamaan dan kebudayaan daerah tersebut. Masjid ini tidak hanya memberikan tempat ibadah yang nyaman bagi umat Muslim, tetapi juga menjadi landmark yang memperindah dusun Kerangkeng, Banyumulek.

Masjid desain Madinah ini diharapkan menjadi tempat yang mempromosikan pemahaman Islam yang moderat, toleransi antarumat beragama, dan kerukunan sosial di masyarakat.