Pantai Impos, Pantai Memukau di Lombok Utara

Selain terkenal dengan keberadaan gili, kabupaten Lombok Utara juga populer dengan keindahan pesisir pantainya. Salah satu pantai cantik yang baru beberapa tahun terakhir dikelola sebagai tempat wisata di Lombok Utara adalah Pantai Impos. Di pantai ini pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan air laut jernih dan terbentang indah. Apalagi saat senja tiba, semakin menambah keistimewaan dan eksotis. Pantai Impos terus mempercantik diri demi memanjakan para pengunjung, seperti menyediakan berbagai spot foto yang instagramable, cocok untuk kaum milenial yang gemar mengabadikan momen untuk diunggah ke sosial media. Spot foto yang menjadi favorit di pantai ini adalah jembatan berwarna-warni, dengan panjang kurang lebih 40 meter. Selain itu, masih ada sejumlah spot foto menarik lainnya. Selain menyuguhkan panorama indah, pantai ini juga bisa dijadikan tujuan wisata kuliner. Di sepanjang pinggir Pantai Impos banyak berdiri warung makan yang mengusung konsep instagramable, sehingga membuat pengunjung semakin betah. Jenis kulinernya beragam, mulai makanan khas Lombok hingga menu yang banyak ditemukan di kafe. Seperti Jipana, salah satu lapak berupa kafe di Pantai Impos ini menawarkan menu tradisional seperti pelecing dengan harga Rp5.000 per porsi. Pengunjung juga bisa mencicipi olahan cumi pedas manis seharga Rp22.000 saja. Serta masih banyak menu lainnya dengan harga bersahabat. Daya tarik lainnya di Pantai Impos adalah adanya live music yang mengiringi tenggelamnya matahari membawa pengunjung semakin larut dalam suasana pergantian malam, hingga rasanya waktu berlalu begitu cepat. Fasilitas lain yang disediakan sangat lengkap, seperti lahan parkir yang luas, toilet, tempat cuci tangan, musola dan fasilitas pendukung lainnya. Namun yang paling menarik, musola di pantai ini tak seperti musola di tempat lain, dibuat dengan konsep rumah panggung serta musola wanita dan pria dipisahkan. Berkunjung ke Pantai Impos gratis alias tanpa tiket masuk, cukup bayar parkir sebesar Rp2.000 untuk motor, dan Rp5.000 untuk mobil. Pantai Impos terlatak di Kabupaten Lombok Utara tepatnya di Dusun Karang Anyar, Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Jika dari pusat Kota Mataram, membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan jarak kurang lebih 35 km.

Ada dua alternatif jalur yang setiap jalurnya memiliki keindahan tersendiri. Jalur pertama bisa menggunakan jalur Mataram – Ampenan – Senggigi – Bukit Malimbu – Pemenang – Pantai Impos. Melalui rute ini, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan pantai di setiap jalannya.

Sedangkan jalur kedua menggunakan rute Mataram – Gunung Sari – Sidemen – Pusuk – Pemenang – Pantai Impos. Berbeda dengan jalur sebelumnya, pemandangan di rute ini berupa hutan serta perbukitan dengan udara sejuk.

Pengunjung juga bisa membeli buah tangan di salah satu Art Shop yaitu Karunia Art Shop yang berjarak tak jauh dari Pantai Impos sekitar 7 km. Karunia Art Shop menyediakan oleh-oleh berupa aksesoris khas Lombok seperti gelang dan kalung yang dibuat sendiri oleh masyarakat sekitar serta kaos-kaos khas Lombok.

Penginapan terdekat dari Pantai Impos adalah Rinjani Beach Eco Resort yang berada sekitar 500 meter sebelah Utara Pantai Impos. Dengan harga mulai dari Rp500.000/malam dan langsung menghadap pantai.