Bank Sampah NTB Mandiri, Kerajinan Tangan Dari Sampah Di Ekspor Ke Luar ...





NTB adalah salah satu Provinsi Di Nusa Tenggara Barat yang memiliki segudang potensi, salah satu potensi yang sedang gencar dilakukan guna meningkatkan keberhasilan program zero waste adalah mengolah sampah menjadi sesuatu yang bernilai jual tinggi.

Menurut Data Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat, proyeksi timbulan sampah per hari di NTB dari sisa makanan sebanyak 1.129,81 ton, plastik 385,16 ton, kayu/ranting/daun 333,18 ton, kertas 282,45 ton, lainnya 205,42 ton. Proyeksi total timbulan sampah di NTB sebanyak 2.567,74 ton per hari.

Hal tersebut mendorong Aisyah Odist untuk berinovasi guna memanfaatkan sampah yang begitu banyak di NTB yang tak laku dijual terutama plastik, untuk dijadikan bahan kerajinan dan menjadi barang yang bernilai.

Sebenarnya masih banyak potensi-potensi yang ada di NTB, seperti mutiara, kain/tekstil, serta kerajinan tangan yang jarang ditemui di tempat lain salah satunya gerabah, tentu untuk meningkatkan potensi ekspor perlu campur tangan pemerintah daerah maupun pusat serta masyarakat lebih inovatif dan dapat memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan serta memperkenalkan produk-produk lokal ke mancanegara.